Tentang Jalamalut

Jalamalut.com adalah media berbasis komunitas, berdiri sejak 03 November 2016, yang berisi tulisan atau ulasan sederhana, foto-foto tentang sketsa kehidupan kota, kampung, dan pulau di Maluku Utara. Sebagai media komunitas, jalamalut mewadahi tulisan atau catatan jelajah para penulis yang punya energi serta kreativitas, juga terlibat mengampanyekan kearifan Maluku Utara. Memasuki usia yang ke dua, pada 03 November 2018, para kru jalamalut. kemudian bersepakat untuk membuat Badan Hukum media ini.

Jalamalut juga merupakan satu-satunya media di Maluku Utara yang memiliki segmentasi yang khas dan berkarakter. Sejalan dengan tagline-nya, “Jelajah Maluku Utara”, weblog ini rutin merawat kearifan dan tradisi literasi untuk semua wilayah, juga untuk semua kalangan di Maluku Utara. Dalam sebuah rubrik “JELAJAH”, media ini juga menyajikan tulisan-tulisan atau catatan seputar kearifan  yang ada di Indonesia, yang tersebar dari Sabang sampai Merauke, dari Aceh sampai Halmahera. Rubik JELAJAH menjadi ciri khas dari media ini.

Beberapa juga disajikan seperti “WARTA” yang memuat berita terkini dengan gaya penulisan  hard news, rubik “SASTRA” yang berisi tulisan Puisi dan Cerpen, rubik “TELAAH” terdapat artikel-artikel opini, rubik “JEJAK” mengulas kisah inspirasi dari perorangan maupun komunitas yang berbuat untuk banyak orang,  rubik “PUSTAKA” yang memuat informasi sinopsis dan resensi buku dari para penulis di Maluku Utara.

Konten-konten di jalamalut.com berupa artikel, jurnalisme sastrawi, karya puisi, dan cerpen yang dikirim para penulis-kontributor dengan pilihan tema yang beragam dan tidak selalu mengikuti isu-isu terkini.

Setiap artikel, catatan, atau karya sastra yang dikirim ke jalamalut@gmail.com akan dikurasi oleh Kru jalamalut.com dan selanjutnya akan diterbitkan di halaman jalamalut.com.