Tentang Jalamalut & Cara Kirim Karya

jalamalut.com adalah media berbasis komunitas, berdiri sejak 03 November 2016, yang berisi tulisan atau ulasan sederhana, foto-video tentang sketsa kehidupan kota, kampung, dan pulau di Maluku Utara. Sebagai media komunitas, jalamalut mewadahi tulisan atau catatan jelajah para penulis yang punya energi serta kreativitas, juga terlibat mengampanyekan kearifan Maluku Utara.

jalamalut.com juga merupakan satu-satunya media di Maluku Utara yang memiliki segmentasi khas dan berkarakter. Sejalan dengan tagline-nya, “Jelajah Maluku Utara”, weblog ini rutin merawat kearifan dan tradisi literasi di Maluku Utara.

Konten-konten di jalamalut.com berupa esai, catatan jelajah, resensi, dan cerpen yang dikirim para penulis-kontributor dengan pilihan tema yang beragam dan tidak selalu mengikuti isu-isu terkini. Setiap artikel, catatan, atau karya sastra yang dikirim ke jalamalut@gmail.com akan dikurasi oleh kru dan selanjutnya akan diterbitkan di website jalamalut.com.

Cara mengirim tulisan:

  • Karya sendiri (tidak ada unsur plagiat).
  • Bila satu bulan sejak pengiriman tidak dimuat maka otomatis naskah tersebut dinyatakan tidak akan diterbitkan. Alasan tidak diterbitkan mungkin saja karena tulisan yang dikirim masih perlu diperbaiki, atau mengandung unsur SARA, atau terdapat banyak salah ketik, dan lainnya.
  • Esai minimal 700 kata, maksimal 1500 kata. Esai tematik yang mengulas tentang kearifan lokal atau kebudayaan dan sejarah orang-orang kampung, kota dan, pulau akan diutamakan.
  • Cerpen genre apapun.
  • Catatan Jelajah atau Travel Journalism (Ini sangat diprioritaskan oleh jalamalut apabila ditulis dengan gaya bahasa yang mengalir, mencatat dengan detail, mengabarkan kebudayaan, sejarah, serta kearifan lokal kampung, kota, dan pulau-pulau di Maluku Utara) maka akan didahulukan untuk terbit. Selain itu, jalamalut juga menerima catatan jelajah di luar Maluku Utara, selama daerah-daerah yang ditulis memiliki hubungan kultural atau sejarah dengan Maluku Utara.
  • Saat ini jalamalut belum menyediakan fee untuk penulis. Semoga ke depan media yang dikelola berbasis komunitas ini bisa memberikan fee untuk para penulis jalamalut.

Kirim tulisan Anda di email: jalamalut@gmail.com