WARTA

Minggu, 11 November 2018 - 16:10

1 bulan yang lalu

logo

Gambar Ilustrasi. Sumber: Enjoy Ternate

Rumah Tangga Harus Berwawasan Lingkungan

Persoalan pengelolaan sampah, di Kota Ternate harus di cari solusinya dari hulu hingga hilir. Salah satunya, dimulai dari pengelolaan limbah sampah dari rumah masing-masing. Hal tersebut untuk mengimplementasikan Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah.

Suasana dialog bertajuk “Toboleu Bebas Sampah” yang digelar di Keluranan Toboleu, Kompleks Koloncucu, tepatnya di Kantor Dispora Kota Ternate, Minggu 11 November 2018./ Ipang Mahardhika/jalamalut

“Salah satu pasal dalam Undang-Undang tersebut berbunyi “Setiap orang dalam pengelolaan sampah rumah tangga dan sampah sejenis sampah rumah tangga, wajib mengurangi dan menangani sampah dengan cara yang berwawasan lingkungan,” kata Isra Lutfi, Ketua Komunitas Enjoy Ternate, saat melakukan dialog bertajuk “Toboleu Bebas Sampah” di Keluranan Toboleu, Kompleks Koloncucu, tepatnya di Kantor Dispora Kota Ternate, Minggu 11 November 2018.

Kerajinan tangan yang dibuat oleh Komunitas Rumah Kotak di  Kelurahan Toboleu. Ditampilkan saat kegiatan dialog Toboleu Bebas Sampah, di Kantor Dispora Kota Ternate, Minggu 11 November 2018./ Ipang Mahardhika/jalamalut

Kerajinan tangan yang dibuat oleh Komunitas Rumah Kotak di  Kelurahan Toboleu. Ditampilkan saat kegiatan dialog Toboleu Bebas Sampah, di Kantor Dispora Kota Ternate, Minggu 11 November 2018./ Ipang Mahardhika/jalamalut

Lutfi bilang, kegiatan ini adalah langkah awal komunitas Enjoy Ternate dalam penangan masalah sampah di Kota Ternate. Harapan mereka, Koloncucu-Toboleu menjadi kelurahan percontohan dalam gerakan penanganan limbah-sampah rumah  tangga. Olehnya itu, mereka melibatkan perangkat kelurahan, tokoh pemuda, dan tokoh masyarakat di kelurahan yang dipilih oleh Enjoy Ternate.

Komunitas Enjoy Ternate melihat, jika semua sampah yang dihasilkan dari rumah tangga diangkut lalu ditimbun di Tempat Pembungan Akhir (TPA), di Kelurahan Takome, tanpa ada edukasi dalam pengelolaan sampah maka,  kemungkinan sampah akan menumpuk di lokasi TPA yang membuat lahan TPA semakin terbatas. Alasan ini yang membuat Enjoy Ternate mengambil bagian untuk turut serta berkontribusi dalam hal penanganan pengelolaan sampah di Kota Ternate.

Tokoh Pemuda Toboleu Muhammad Saiful, yang selalu mendukung kegiatan Enjoy Ternate di Toboleu bilang, sudah banyak kegiatan yang dilakukan oleh komunitas ini, dalam permasalahan sampah yang ada di kelurahan mereka, seperti membersihkan sampah di barangka (kali mati), sharing skill dengan kelurahan lain tentang permasalahan sampah, dan mengenalkan masyarakat tentang pengelolaan sampah dengan metode takakura, yakni sampah organic menjadi kompos.

Dalam dialog tersebut, Enjoy Ternate menyampaikan empat tujuan mereka yakni; Pertama, mengedukasi masyarakat di kelurahan yang akan dijadikan percontohan bahwa pentingnya pengelolaan sampah yang baik dan benar. Kedua, mengubah cara pandang masyarakat bahwa penanganan sampah merupakan tanggungjawab kita bersama. Ketiga, mendorong masyarakat terutama pemuda untuk menjadi bagian dalam pengelolaan sampah agar tercipta lingkungan kelurahan yang bersih dan sehat. Dan keempat, mendorong agar terbentuknya organisasi mandiri yang berjalan secara komprehensif dan terpadu dalam penanganan masalah sampah di kelurahan.

“Ini  menjadi batu loncatan, atau semangat baru bagi Enjoy Ternate untuk berperan aktif dalam penanganan masalah sampah di kelurahan lainnya di Kota Ternate dan di daerah lainnya di Maluku Utara,” Kata Zulkifli Maulana, Penasehat Komunitas Enjoy Ternate.

Komunitas Enjoy Ternate ini dibentuk pada tahun 2014 oleh sekelompok orang muda pecinta keindahan alam bawah laut dan pariwisata laut di Maluku Utara yang berbasis di Kota Ternate. Mereka konsisten terhadap pelestarian lingkungan laut dan telah membuat berbagi kegiatan dalam upaya pelestarian lingkungan laut; bersih pantai, edukasi lingkungan di pesisir, penanaman terumbu karang, hingga gerakan sosial lainnya.

 

Foto tajuk: Sumber Enjoy Ternate

 

Penulis: Ipang Mahardhika

 

Baca Lainnya