WARTA

Senin, 4 Februari 2019 - 20:41

2 bulan yang lalu

logo

Kehadiran Komunitas Jadi Contoh Gerakan Literasi

Gerakan literasi di kota Ternate berkembang pesat dalam 4 tahun ke belakangan, hadirnya banyak komunitas baca dengan berbagai kegiatan yang mereka lakukan. Gerakan komunitas-komunitas ini selaras dengan Gerakan Literasi Nasional (GLN) yang digalakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sejak 2016.

“Komunitas itu sebagai penggerak literasi masyarakat di daerahnya, sebagai mitra pelaksanaan kegiatan literasi di sekolah, sebagai motivator dan mitra pemerintah dalam GLN, maka komunitas sebagai contoh praktik baik pelaku literasi,” kata Kepala Kantor Bahasa Maluku Utara, Dr. Syarifuddin, saat menyampaikan materi pada kegiatan Bengkel Literasi bagi Komunitas Baca di Kota Ternate di Hotel 2 Februari 2018 di Emerald, Ternate.

Dilansir dari situs Kemendikbud (http://gln.kemdikbud.go.id/glnsite/tentang-gln/) GLN merupakan upaya untuk memperkuat sinergi antarunit utama pelaku gerakan literasi dengan menghimpun semua potensi dan memperluas keterlibatan publik dalam menumbuhkembangkan dan membudayakan literasi di Indonesia.

Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari itu diikuti oleh perwakilan pengurus dan siswa dari 10 komunitas baca di Ternate: NBCL, Literasi Jalanan, Pustaka Rimba, Rumah Belajar Bambu, Perumnas Green School, Teras Baca Umi, Rumah Baca Insan Fitu, Kampung Belajar Fora II, Rumah Belajar Kalumata, dan Rumah Belajar Cengkeh Afo.

Kegiatan tersebut diisi dengan pelatihan keterampilan membaca, menulis puisi dan esai bagi siswa dan pengurus komunitas.

Diki (19), perwakilan dari Pustaka Rimba Ternate, mengatakan kegiatan serupa harus terus dilakukan guna mengoptimalkan sinergi gerakan literasi di Maluku Utara.

“Kedepannya saya berharap Kantor Bahasa mengumpulkan para pegiat literasi dari luar Ternate (Halmahera) karena mereka juga pasti ingin mengikuti kegiatan seperti ini,” ujar Diki.

Diki juga berharap kegiatan seperti ini baiknnya dilakukan di tengah masyarakat agar masyarakat luas juga bisa terlibat.

Penulis : Adlun Fikri

Baca Lainnya