WARTA

Sabtu, 2 Maret 2019 - 11:55

3 bulan yang lalu

logo

Gubernur Dukung Usulan Baabullah yang Digagas KARAMAT

Gubernur Maluku Utara, KH. Abdul Gani Kasuba mendukung penuh langkah Keluarga Malamo Ternate (KARAMAT), mengusung Sultan Baabullah sebagai Pahlwan Nasional.

“Ini yang harus dilakukan. Saya dukung sepenuhnya usulan ini,” kata Abdul Gani saat menerima kunjungan utusan dari KARAMAT, di ruang kerjanya, Kamis 29 Februari 2019, kemarin.

Gubernur terpilih pilkada 2018 ini sempat kaget setelah membaca isi surat yang diserahkan oleh Perwakilan KARAMAT. “Saya kira selama ini Sultan Baabullah sudah menjadi pahlawan. Tapi ini belum terlambat. Baabullah harus jadi pahlwan,” katanya.

Presedium KARAMAT, M Ronny Saleh, menjelaskan surat yang ditujukan ke gubernur berisi dua poin penting. Pertama, meminta pemerintah provinsi membentuk Tim Peneliti, Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD), tingkat provinsi. Kedua, meminta rekomendasi tertulis atas usulan Baabullah pahlwawan nasional yang digagas oleh KARAMAT.

“Permintaan ini sesuai dengan ketentuan dan tahapan yang harus dilalui sebagai sarat formal dalam pengusulan Pahlawan Nasional. Jadi selain TP2GD yang dibentuk pemerintah kota Ternate, TP2GD Pemerintah Provinsi juga harus dibentuk,” katanya.

Sebagai langkah awal, TP2GD kota Ternate akan melaksanakan forum Group Discusion (FGD), pada Selasa 5 Maret 2019 di Aula Kantor Walikota Ternate. Selain TP2GD, FGD juga melibatkan pemerihati sejarah dan budaya, maupun akademisi lokal.

“Kami berharap hasil FGD nanti menghasilkan rekomendasi yang bisa memudahkan tahapan pengusulan Baabullah sebagai pahlawan Nasional,” ucapnya.

Penulis : Firjal Usdek/Kru Jalamalut

Baca Lainnya