Siagakan Tempat Sampah Menuju Sail Tidore

Menjelang perhelatan Sail Tidore, pada September 2022 nanti, tak sedikit kesiapan yang sedang dirampungkan, oleh pemerintah, pemerhati, bahkan orang muda kreatif di Tidore.

Dari banyak kesiapan itu, salah satu yang sedang diutamakan ialah menjaga kebersihan lingkungan dari merebaknya sampah. Ini dilakukan oleh karena ribuan pengunjung akan turut memeriahkan event bergengsi di Maluku Utara tersebut.

Dinas lingkungan Hidup Kota Tidore, Maluku Utara, saat ini menyiapkan strategi untuk menangani sampah menyambut Sail Tidore 2022.

“Kita tahu, Sail Tidore, merupakan event berskala Internasional di mana Tidore diberikan kesempatan sebagai tuan rumah. Karenanya, DLH akan berupaya fokus menangani potensi produksi sampah yang dihasilkan,” kata Muhammad Sjarif, Kadis DLH Tidore, Kamis 3 Maret 2022.

Penanganan sampah dilakukan dengan menambah jumlah armada mobil truk, mobil tiga roda, petugas kebersihan yang jumlahnya 166 orang, hingga penempatan tempat sampah di berbagai lokasi kegiatan.

Ia bilang, skema itu dilakukan, untuk meminimalisir terjadi penumpukan terutama pada puncak perhelatan Sail Tidore nanti.

Penumpukan sampah bisa terjadi karena jumlah pengunjung yang membludak, ujar Muhammad Sjarif, sambil mengaku pihaknya akan melakukan upaya penanganan.

“Kota Tidore yang dikenal sebagai kota kecil terbersih di Indonesia, yang mendapatkan 9 kali adipura, jangan sampai tercoreng hanya karena soal sampah,” ujarnya.

Ia mengatakan, pihaknya juga sudah mengusulkan sejumlah bantuan berkaitan dengan armada sampah ke pemerintah pusat.

Kendati demikian, ia berharap agar penanganan sampah menjadi perhatian berbagai pihak.

“Kita tentu saja membutuhkan kerja sama dengan berbagai pihak, terutama kelurahan terdekat di lokasi Sail Tidore. Kita perlu menggaung kolaborasi untuk mengatasi persoalan sampah ini,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Previous post Tenun Puta Dino Kayangan Akan Hiasi Sail Tidore
Next post Menampar “Wajah” Intelektual