TELAAH

Minggu, 17 Februari 2019 - 22:40

10 bulan yang lalu

logo

Let’s Join With Us, Road To Rakernas IAI 2019

Ternate, tanggal 13-16 Maret 2019 nanti merupakan jejak sejarah baru bagi Ikatan Arsitek Indonesia Maluku Utara (IAI MU) yang  telah berusia 14 tahun. Juga bagi pendidikan Arsitektur di wilayah Maluku Utara yang juga masih berusia dini, event ini merupakan agenda nasional IAI yang pertama kali digelar di Timur jauh Indonesia.

Upaya menjadikan Ternate dan Maluku Utara sebagai tuan rumah Rapat kerja nasional (Rakernas) IAI bertujuan memperkenalkan segala potensi yang dimiliki daerah, mulai dari pendidikan arsitekturnya, jejak Arsitektur daerah, alam, sejarah dan budaya.

Selain acara Rakernas IAI, event sekali dalam 12 bulan visi arsitektural arsitek Maluku Utara atau disingkat 1/12 viral ArsitekMU akan diadakan bersamaan dengan tujuan mendongkrak kreatifitas masyarakat Arsitektur, terang Iksan Marsaoly selaku sekretaris IAI MU dan ketua panitia acara yang dimaksud.

Selaku ketua panitia, saya mengharapkan dengan adanya event yang banyak mengangkat tema tema kreatif ini, Arsitek Maluku Utara bisa lebih maju dalam menyongsong Era yang segala hal menjadi kompetensi, Tidak ada cara lain untuk mempertahankan eksistensi profesi ini kecuali dengan mengembangkan sikap kreatif dan inovatif.

Dalam program bekraf yang dicanangkan pemerintah, Arsitektur merupakan salah satu sub sektor ekonomi kreatif, karna sudah menjadi trend di kota-kota maju tidak hanya sebuah narasi keilmuan melainkan sebuah bisnis intelektual yang kreatif dan penuh inovasi. Kita (IA MU) butuh sebuah moment sebagai starting untuk berpikir keras memajukan potensi bersama yang dimiliki. Dan event inilah jawaban atas segalanya, karna kehadiran arsitek-arsitek hebat se-indonesia bisa dijadikan ajang berbagi ilmu dan pengalaman, Tegas ketua panitia Iksan Marsaoly.

Di kesempatan yang sama Ketua IAI MU Ichsan Teng pun menyatakan bahwa Arsitek di Indonesia masih sangat kurang jika dibandingkan dengan populasi jumlah penduduk indonesia, maka Arsitek di Ternate dan Maluku Utara harus bergerak cepat, jadilah pilar dan pagar bagi eksistensi profesi ini dimaluku utara, tingkatkan kompetensi agar kita bisa bersaing.

Ketua IAI MU Ichsan Teng pun menghimbau agar teman teman sarjana arsitektur yang berprofesi pada bidang apapun agar let’s join with us (mari bergabung bersama kami) agar profesi (arsitek) yang kita banggakan dan telah di undang-undangkan ini bisa berdampak baik bagi seluruh sejawat.

Ketua panitia Rakernas IAI 2019 di Ternate dan 1/12 viral arsitekMU Iksan Marsaoly menambahkan bahwa lewat Kegiatan yang mengambil lokasi di kawasan Benteng oranje ini diharapkan, IAI MU tidak hanya mmbangun relasi dengan pemerintah saja tapi bisa bersama dengan masyarakat dan komunitas kreatif yang kebanyakan berdomisili di kawasan benteng Oranje dan memiliki visi yang sama yaitu memajukan daerah dengan caranya masing-masing guna terbentuknya sebuah emosional, dan sistim kolaborasi misi yang baik demi daerah tercinta.

Pembina Jaringan komunitas Ternate (Jarkot), H. Risal Marsaoly, membenarkan bahwa teman-teman IAI MU memiliki pandangan yang sama dimana Manusia sebagai mahluk sosial dan jejaring adalah salah satu metode bersosialisi memperkenalkan potensi diri dan kelompok serta daerah, tidak hanya arsitek dengan arsitek, komunitas musik dengan komunitas musik, namun perlu ada kerjasama untuk peningkatan kreatifitas demi menyongsong era ekonomi kreatif yang berkonstribusi pada kemajuan daerah yang kita cintai.

Harapan saya selaku pembina jejaring komunitas Ternate (Jarkot), yang mana pada 2019 ini juga Jarkot diberi tanggung jawab menjadi tuan rumah kegiatan Indonesia Creative City Network (ICCN). Semoga kedepan teman-teman komunitas arsitektur bisa menghadirkan Indonesian Architecture Creative Forum (IACF) yang merupakan instrumen dari ICCN tersebut. Komunitas Arsitek harus menjadi pilar ekonomi kreatif, karna semua unsur kehidupan membutuhkan Arsitektur.

Menutup tulisan ini, Ketua IAI MU menyatakan kami berkeras untuk profesi. Pada tanggal 23 Februari 2019 nanti, bertempat di lokasi Benteng Oranje, akan diadakan Launching kegiatan yang dikemas dalam acara ngopi bareng arsitek #3 dimana bapak walikota ternate diundang sebagai salah satu pembicara dengan mengangkat tema Road to Rakernas IAI 2019, 1/12 viral ArsitekMU, dan ICCN.(*)

Oleh : Panitia Rakernas IAI 2019

Editor : Fatir M.N (Kru Jalamalut)

 

Baca Lainnya