Breaking News

Siap Gelar Konferta III, AJI Ternate Cermati Kompetensi Wartawan 

Aliansi Jurnalis Independen Kota Ternate akan menggelar konferta ketiga, Kamis 24 Januari 2019. Konferensi Kota ini dilaksanakan setiap tiga tahun sekali dalam rangka memilih Ketua dan Sekretaris AJI Kota Ternate periode kepengurusan yang baru.

Aliansi Jurnalis Independen atau disingkat AJI adalah cabang AJI Indonesia yang berkedudukan di Ternate. Wilayah kerja AJI Kota Ternate adalah seluruh wilayah Provinsi Maluku Utara. AJI merupakan sebuah organisasi profesi. Di dalamnya berhimpun jurnalis dari ragam platform media; cetak, digital dan elektronik.

Ketua Panitia Konferta III AJI Ternate Hairil Abdul Rahim mengatakan Konferta ini akan dihadiri oleh Koodinator AJI Wilayah Timur dari pengurus Nasional AJI.

“Acara Konferta dilaksanakan di HCS (Home Coffe Studio) Gamalama, Ternate Tengah,” kata Jurnalis beritagar.id itu kepada jalamalut.co, Selasa 22 Januari 2018, siang tadi.

Hairil mengatakan Konferta III AJI Ternate tahun ini mengusung tema “Banjir Media versus Kompetensi”. “Sebagai panitia pelaksana, kami berharap kepada pengurus dan anggota AJI yang tersebar di sepuluh Kabupaten Kota di Maluku Utara bisa hadir dan ikut mensukseskan pelaksanaan Konferta ketiga AJI Ternate,” kata Hairil.

Terkait tema yang diusung dalam Konferta III, ketua AJI Ternate Mahmud Ici bilang, disesuaikan dengan kenyataan yang terjadi saat ini. “Di tengah banjir media, perusahan media tidak membekali wartawan dengan kompetensi yang baik, sehingga informasi diberitakan menjadi berita yang tidak laik buat publik,” jelasnya.

Tak kalah pentingnya, di tengah banjirnya media daring, kata wartawan Mongobay.co.id ini, perlu dibekali dengan kompetensi agar terhindar dari penulisan dan penyebaran berita berbau hoax dan fake news.

“Intinya, selain perusahan media, wartawan sendiri juga harus meningkatkan kemampuan jurnalistiknya,” tutup Ici.

Penulis : Firjal Usdek/Kru Jalamalut

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *