Breaking News

Belajar Jurnalistik di Kampus Unkhair

Salah satu ruang kelas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Khairun Ternate, Sabtu 8 Januari 2018 disesaki puluhan mahasiswa. Mereka antusias mengikuti Workshop Jurnalistik, yang menghadirkan pemateri Wartawan kompas.com, Yamin Abd. Hasan.

Workshop yang berlangsung sejak pukul 09.00 hingga 13.00 WIT itu, bertajuk “Penulisan Berita di Era Digital”. Banyak hal yang dibahas. Mulai dari unsur-unsur jurnalistik, etika jurnalistik, tekhnik wawancara, hingga tata cara menyusun berita.

Kegiatan ini terselenggara atas kerja sama antara Gramedia dan Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Unkhair Ternate.

Dalam kesempatan itu, peserta dibekali pelatihan. Setiap peserta yang dinilai baik dalam sesi pelatihan menulis berita, diberi hadiah buku oleh Gramedia. “Ini menjadi pemantik semangat para mahasiswa yang mengikuti diskusi hingga selesai,” kata Yamin.

Nurmina Lakarai, salah satu mahasiswa yang menjadi peserta berharap, kegiatan ini dijadwalkan secara rutin. Karena menurut dia, ini sangat penting. “Terutama buat saya dan teman-teman di program studi bahasa dan sastra Indonesia,” ujar dia.

Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia ini mengaku, kegiatan ini sangat penting digelar di lingkungan kampus. “Kami sangat mendukung. Semoga ada kegiatan-kegiatan lanjutan seperti ini, agar menambah referensi bagi kami,” harapnya.

Menurut Koordinator Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Unkhair Ternate, Rismada, kerja sama ini untuk mengembangkan mata kuliah jurnalistik sekaligus memicu bakat dan minat para mahasiswa untuk berkecimpung di dunia jurnalistik. “Karena baru pertama kali kegiatan ini dilaksanakan oleh prodi dan Gramedia,” akunya.

Sementara, Kepala Retail dan Publishing Gramedia Ternate, Hendri Santiago, mengatakan melalui kegiatan ini, Gramedia ingin melakukan ajang kontribusi di kampus. “Kemarin, pertama kita melakukan penulisan kreatif dankerja sama,” katanya.

Pihaknya, kata Hendri, telah merencanakan revolusi format berita di era digital ini. Karena Gramedia juga memiliki kontributor dari Kompas.com dan Kompas TV. “Sehingga, kegiatan jurnalistik menjadi langkah awal. Olehnya itu, kami menggandeng kompas.com,” jelasnya.

Hendri berharap, kegiatan ini dapat menambah bakat dan minat mahasiswa dalam membaca. “Kegiatan seperti ini bisa  menghangatkan tungku pembaca di Maluku Utara,” katanya.

Rencanannya, pada Februari 2019, pihaknya akan menggandeng stakeholder di tingkat provinsi. “Kami juga berencana mengandeng kampus lain. Seperti UMMU. Karena di UMMU ada juga program studi komunikasi,” tuturnya.

Penulis: Risman Rais

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *